PENGERTIAN PRA SEJARAH

batu dari batu berbentuk lesung dari batu utuh

kubur dari batu berbentuk lesung dari

Penelitian sejarah meliputi seluruh kehidupan manusia di masa lampau,yaitu sejak manusia ada di bumi hingga sekarang.pada masa lampau ada yang meninggalkan bukti-bukti tertentu ada juga yang tidak meninggalkan jejak.Atau zaman prasejarah/nirleka(nir:tidak ada leka:tulisan)istilah yang digunakan untuk merujuk kepada masa dimana catatan sejarah yang tertulis belum tersedia.zaman prasejarah dapat dikatakan bermula pada saat terbentuknya alam semesta,namun umumnya digunakan untuk mengacu kepada masa dimana terdapat kehidupan dimuka bumi dimana manusia mulai hidup.

zaman sejarah adalah mula adanya tulisan.Hal ini menimbulkan suatu pengertian bahwa pra sejarah adalah zaman sebelum ditemukannya tulisan.Berakhirnya zaman prasejarah atau dimulainya zaman sejarah untuk setiap bangsa di dunia tidak sama,tergantung dari peradaban bangsa tersebut.

Karena tidak terdapat peninggalan catatan tertulis dari zaman pra sejarah keterangan mengenai zaman ini diperoleh  melalui bidang-bidang seperti palanteologi,astronomi,biologi,geologi,antropologi,arkeologi.

Dalam arti bahwa bukti-bukti prasejarah adanya didapat dari barang-barang dan tulang-tulang di daerah penggalian situs sejarah.Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan masa lampau melalui benda-benda artefak.Dari hasil penelitian para ahli arkeologi,maka tabir kehidupan masyarakat prasejarah Indonesia dapat

Diketahui berdasarkan penggalian arkeologi maka prasejarah dapat dibagi menjadi dua zaman,yaitu zaman batu dan zaman logam.

untuk mempelajari zaman prasejarah para ahli perlu melaksanakan hal-hal berikut :

1.melakukan observasi,untuk menemukan peninggalan budaya yang kebanyakan tertanam di dalam tanah.

2.mempelajari suku-suku terasing pada waktu sekarang yang masih hidup seperti zaman nenek moyang kita.

 Untuk menentukan usia peninggalan budaya prasejarah/pra aksara ada 3 metode :

1.Stratigrafi metode untuk menentukan umur relative berdasarkan lapisan tanah tempat benda itu berasal.lapisan yang paling atas paling muda,semakin ke bawah semakin tua.

2.Tipologi metode ini digunakan untuk menentukan umur benda bersejarah tipe benda peninggalan tersebut.makin sederhana benda itu makin tua usianya.metode ini banyak kelemahannya sebab benda yang sederhana belum tentu dibuat terlibih dahulu daripada benda lebih halus dan sempurna.

3.Kimiawi metode ini digunakan untuk menentukan umur benda berdasarkan unsure-unsur kimia yang terkandung oleh benda itu.

Pengertian sejarah

         kediriDalam bahasa inggris disebut “histori” yang artinya masa yang telah lalu.Dalam bahasa Arab “sajarotun” artinya pohon.Berarti sama artinya dengan sebuah pohon yang terus menerus berkembang dari tingkat yang angat rendah ke tingkat yang lebih kompleks atau lebih maju.Sedang dalam bahasa Jerman disebut “geschicht” yang berarti sesuatu yang telah terjadi.Dalam bahasa Yunani disebut “ historia” yang berarti informasi atau pencarian.

          Ahli sejarah member definisi sejarah sebagai berikut :

1.     Herodotus (484-425 SM)

Ia berpendapat : sejarah tidak berkembang kea rah depan dengan tujuan pasti melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia Herodotus mendapatkan julukan “The father of History”atau Bapak ilmu sejarah.

2.     Ibnu Khaldun (1332-1406)

Sejarah adalah catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahn yang terjadi pada watak masyarakat tersebut.

3.     W.H. S Poerwadarminto

Menurutnya sejarah adalah :

1.kesusasteraan lama,silsilah,asal-usul

2.kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada       masa lampau.

3.ilmu pengetahuan,cerita oelajaran tentang kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

 4. W.H. Walsh “History is significant narrative of human actions and            experiences in the pas” artinya sejarah adalah catatan yang berarti dan penting dari tindakan dan pengalaman masa lalu manusia.

5. JV. Bryce dalam bukunya : “The study of America History” menyatakan  “History is the record of what man has though,said and done”,artinya sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan,dikatakan dan diperbuat oleh manusia.

6. Dr.H .Roesman Abdulgani : Ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian-kejadiannya,dengan maksud untuk meneliti secara kritis seluruh hasil penelitian tersebut. Untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah program masa depan.

7. Sidi Gazalba : “ sejarah adalah gambaran masa lampau tentang manusia dan sekitarnya sebagai makhluk sosial yang disusun secara ilmiah dan lengkap,meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan kepahaman tentang apa yang telah berlalu itu.

8. Prof. Moh. Yamin, SH : “ sejarah menurut paham ilmiah ialah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

9. R. Moh. Ali,menyampaikan definisi sejarah sebagai berikut:

    1. sejarah adalah kejadian-kejadian,peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan manusia,benda dan secara singkat adalah menyangkut perubahan yang nyata di dalam kehidupan manusia,

    2. sejarah adalah cerita yang tersusun secara sistematis(serba rapi dan teratur)

    3. sejarah adalah ilmu yang menyelidiki perkembangan peristiwa dan kejadian-kejadian di masa lampau.

S  SEJARAH : ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia.

Ciri-ciri utama sejarah :

         Sejarah adalah peristiwa yang abadi artinya tidak berubah dan tetap dikenang sepanjang masa.

         Sejarah adalah peristiwa yang unik artinya hanya terjadi satu kali dan tidak pernah terulang persis sama untuk kedua kalinya

         Sejarah adalah peristiwa yang penting artinya mempunyai arti dan menentuakan kehidupan orang banyak.

Unsur-unsur sejarah :

         Manusia

Peristiwa yang dikaji dalam sejarah adalah peristiwa yang menyangkut tentang perilaku manusia sehingga manusia menjadi unsur pokoknya.

         Waktu

Sejarah menyangkut tentang kapan peristiwa terjadi karena peristiwa sejarah hanya sekali terjadi.

         Ruang

Sejarah terkait dengan tempat terjadinya peristiwa yang menjadi bukti nyata dari suatu peristiwa.

About sugiono geger

History Teacher in SMA Negeri I Geger Madiun East Java

Silahkan Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s