IX. Tradisi Sejarah Masyarakat Indonesia setelah mengenal tulisan (masa aksara)

1.       Perkembangan Sejarah Indonesia setelah Mengenal Tulisan

                Mengingat wilayah indonesia terdiri dari pulau-pulau besar dan kecil yang terpisah oleh selat dan laut maka pelayaran merupakan lalu  lintas laut yang sangat penting. Sehingga tidak mengherankan jika sejak dulu bangsa indonesia telah mengenal sistem pelayaran dan juga perdagangan baik antar pulau di wilayah Nusantara maupun diluarnya.  Pelayaran dan perdagangan di wilayah nusantara semakin berkembang pesat berkat Terjalinnya hubungan perdagangan antara india dengan cina. Melalui jalur laut perdagangan      antara China dengan india juga berakibat terjalinnya hubungan antara bangsa indonesia dengan pedagang dari india. Dari pengaruh tersebut kita memasuki babak baru dalam sejarah yaitu dari tidak mengenal tulisan menjadi mengenal tulisan.

               Pengaruh budaya india yang masuk ke indonesia menyangkut seluruh aspek kehidupan yang antara lain sebagai berikut

A.                Aspek Pemerintahan

          Sebelum masuknya budaya india ke indonesia, berlangsung sistem  pemerintahan yang   Di pimpin oleh kepala suku yang di

         pilih oleh anggota suku tersebut. Perubahan dalam   Pemerintahan terjadi setelah pengaruh budaya india masuk ke indonesia

         yaitu dari  Pemerintahan kepala suku berubah menjadi pemerintahan yang berbentuk kerajaan  Yang dipimpin oleh seorang

         raja secara turun-temurun tdk melalui pemilihan.

B.                Aspek sosial

          Seperti halnya aspek pemerintahan aspek sosialpun mengalami  perkembangan dan  Perubahan setelah pengaruh budaya

          india masuk ke indonesia namun masih tetap      Bercirikan kehidupan sosial masyarakat indonesia yaitu gotong royong

         selibihnya  Situasi kehidupan sosial masyarakat indonesia pada saat itu (di simpulkan dari berbagai

          Tulisan yang terdapat dalam berbagai prasasti yang di tinggalkan oleh kerajaan –

           Kerajaan hindu budha di indonesia ) sebagai berikut :

1.       Diberlakukannya hukuman/sanksi terhadap pelanggar undang-undang  yang ada (dari hukuman ringan sampai hukuman mati). Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat pada saat itu sudah teratur dan tertib.

2.       Adanya srtatifikasi dalam kehidupan sosial masyarakat yang di dasarkan atas sistem kasta (pengaruh budaya india

C.                Aspek budaya

          Pertanyaan yang sering muncul dalam fikiran kita adalah mengapa aspek budaya  India mudah diterima oleh masyarakat indonesia ? tentu jawabnya adalah unsur unsur   Budaya india sudah di miliki oleh kebudayaan asli indonesia, sehingga anasir-anasir   Budaya tersebut mudah di serap oleh masyarakat indonesia sebagai pelengkap dan  Penyempurna budaya masyarakat indonesia.

                Pengaruh india dalam perkembangan kebudayaan indonesia di antaranya adalah :

a.       Tulisan

Berupa prasasti prasasti yang di tinggalkan oleh kerajaan hindu-budha di indonesia .yang dalam perkembangannya adalah sbg berikut.

1.       Menggunakan huruf palawa dan bahasa sansekerta

Banyak di jumpai pada peninggalan kerajaan hindu-budha yang tumbuh dan berkembang pada abad IV s/d IX masehi

Contoh :

·         Prasasti yang di pahatkan pada liang batu (yupa) yang merupakan peninggalan dari kerajaan kutai (kalimantan timur)

·         Prasasti ciaruteun, jambu, kebon kopi, pasir awi, muara cianten, tugu dan prasasti cidagiang yang merupakan peninggalan kerajaan taruma negara (jawa barat).

2.       Menggunakan huruf jawa kuno (kawi) dan bahasa jawa kuno banyak di jumpai di daerah sumatra seperti :

·         Prasasti kedu (907m)/mantyasih) yang merupakan peninggalan kerajaan mataram kuno

·         Prasasti dinoyo (jawa timur)

3.       Menggunakan bahasa melayu kuno banyak di jumpai di daerah sumatra seperti:

·         Prasasti keduan bukit, talang tuo, telaga batu dan lain lain yang merupakan peninggalan kerajaan sriwijaya

4.       Menggunakan bahasa bali kuno

Kita jumpai pada peninggalan kerajaan kerajaan di bali. Misalnya prasasti julah dan prasasti ugrasena dan lain lain

Berdasarkan uraian tersebut di atas kita dapat menarik suatu kesimpulan bahwa masuknya budaya india ke indonesia menyesuaikan dan di sesuaikan dg budaya   indonesia sendiri (semula prasasti yang menggunakan huruf dan bahasa dari                      India kemudian menggunakan huruf dan bahasa dari india kemudian      gunakan huruf dan bahasa yang di kembangkan oleh masyarakat  indonesia sendiri)

Cara masyarakat masa aksara mewariskan masa lalunya melalui tutur/tulisan

berbagai macam tutur/lisan ditempuh oleh masyarakat masa aksara untuk mewariskan masalalunya, diantaranya adalah melalui berbagai pertunjukan tradisional. Seluruh masyarakat di seluruh nusantar a ini pasti memiliki berbagai macam kesenian panggung yang disamping bersifat menghibur juga diperuntukkan menyampaikan pesan yang berupa nilai, norma dan tradisi leluhurnya kepada penonton/generasi berikut nya antara lain:

a. wayang beber
Pertunjukan ini pertama kali di dokumentasikan oleh dua orang musafir china mahuan dan feixin yang mengunjungi jawa tahun 1416. Mereka menyaksikan orang” berjongkok di depan pencerita, yang bercerita sambil menunjukan gulungan gambar

Description: http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQdWSlR-4APbFJg6FdHs8AX95U45osEv_GN8uGKW3TRQIANyDL0
gulungan bergambar ditemukan pada tahun 1963 di desa karang tulun.dalam pertunjukan wayang beber  terdiri dari: gambar,cerita, susnan musik dan juga sesajen. Pencerita disebut dalang dipercaya sebagai perantara yg memiliki kekuatan besar bertindak sebagai pengusir setan. Selama pertunjukan berlangsumg dalam menciptakan suasana mistik dan gaib. Perseorangan atau masyarakat sering meminta pertunjukan/pergelaran untuk menenangkan roh jahat/ menyampaikan terima kasih kepada roh baik yang telah menyelamatkan mereka dari guna-guna ilmu hitam.

Contoh kisah yang di lakonkan dalam wayang weber antara lain:

-panji jaka kembang kuning (jaman majapahit abad ke 13-16) kisah cinta segitiga dan bertepuk sebalah tangan antara tokoh utama dengan tokoh pembantu panji jaka kembang kuning dengan putri ekar taji yang juga diinginkan oleh raja klana jaka (yang tidak di sukai oleh sang putri karena prilaku yang buruk). Putri sekar taji akhirnya menghilang  untuk menghindari sang raja tercela  namun akhirnya dapat dibawa pulang. Raja tercela terbunuh oleh saudara laki laki putri sekar taji ketika  terjadi perang antar raja klana dengan pasukan brawijaya. (raja klana jaka berusaha masuk masuk keputren). Akhirnya raja brawijaya  mengumumkan bahwa panji lah sebagai pemenang cinta sekar taji.

 b.mak yong

tradisi pertunjukan lisan  mak yong terkenal dalam kehidupan masyrakat pesisr melayu (riau, sumatra utara, kalimantan barat). Meskipun mak yong berasal lingkungan istana namun dinyanyikan dan ditarikan oleh orang biasa. Fungsi mak yong untuk memberi  penghormatan kepada Yang maha kuasa yang diwakilkan kepada sultan dan isterinya (dianggap wakil tuhan).

Description: index.jpgUrutan pertunjukan mak yong;

1.      Panjak/bomah (pemain gamelan) membaca doa

2.      Penari dan pemusik mengambil tempat diatas panggung beralaskan tikar(duduk)

3.      Panjak melemparkan  butiran beras yang sudah dicuci dan di bakar. (salah satu sesaji diatas panggung). Pada saat ini tak seorang boleh lewat.

4.      Sang penabuh gendang membacakan doa untuk memberi suara gaib pada gendangnya yang kemudian memercikan dengan beras kuning (jika penabuh bukan ahli doa, maka hasil suara gendang di yakini oleh masyarakat tidak akan menghasiljan kekuatan gaib apapun, biasanya suara gendang inilah yang membuat orang untuk meninggalkan apapun yang mereka lakukan untuk datang menonton pertunjukan dan ikut menari.

5.      Gong,topeng serta penari diperciki air suci

6.      Penari yang berpesan sebagai ratu (mak yong) dan putri (anak mak yong) memanfaat kan doa dan memberi sesaji (agar percaya diri, menarik dan mampu mengusai seluruh pertunjukan.

7.      Pertunjukan di mulai

8.      Pada akhir pertunjukan kembali sang panjak membaca doa penutup dan meminta kepada dewa-dewa untuk kembali ke surga

Kisah yang diceritakan dalam pertunjukan mak yong merupakan warisan juga cerita istana melayu saat kerajaan-kerajaan melayu berkembang keseluruh bagian terbesar semnanjung melayu muangthai selatan

 c.tanggamo

      tanggamo adalah  bentuk puitis sastra lisan gorontalo (sulawesi utara)

Description: jug.jpg

 menceritakan tentang:

1.      Kisah yang sedang hangat/menarikyang terjadi di daerah setempat

2.      Peristiwa sejarah,mitos,legenda,kisah keagamaan dan pendidikan

3.      Peristiwa rekaan yang diciptakan sang ta motanggoo (penynanyi montanggamo)

4.      Ajaran agama/keprecayaan yang berkembang di masyarakat.

Fungsi seorang ta montanggomo:

1.      Sebagai penyanyi

2.      Mencari dan mengumpulkan laporan peristiwa di dalam/di luar gorontalo dan menyampaikan kepada masyakat

3.      Menyelidiki,mencatat,memperhatikan dan mendengarkan keterangan dari orang lain

4.      Mengunjungi pihak berwenang dalam penyelidiknya seperti pengadilan

5.      Menuliskan cerita yang didapat dakam bentuk syair yang menarik

Bagi masyarakat setempat, peran ta montanggomo adalah pembaca berita yang

Menjadikan khalayak tak ketinggalan berita penting setempat. (tanggomo merupakan surat kabar/majalah yang menyampaikan peristiwa terkini. Mereka boleh mengganti,menambah dan mengurangi jalan ceritanya untuk menyesuaikan suasana. Oleh karena itu panjang pertunjukan bisa berbeda beda untuk cerita yang sam.

 

Cara ta montanggomo menyamaikan cerita/berita:

1.       Membuat cerita lebih nyata dengan bermacam cara dan gaya

2.       Diiringi alat musik seperti: gambus,kecapi (enam senar), kecapi (sitar) dan reban

3.        Tanpa alat musik dan biayanya dengan gerakan tangan,kepala muka,permainan suara, nada dan irama untuk menghirupkan ceritanya

4.       Menggunakan gaya bahasa: praklisme, pembalikan, elipsis dan analogi untuk meningkatkan cerita dan memprekuat makna

5.       Ketika menyampaikan cerita pelaku tanggamo harus menciptakan dan menghidupkan cerita disamping menanggapi pendengar

About sugiono geger

History Teacher in SMA Negeri I Geger Madiun East Java

Silahkan Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s