Candi Borobudur yang berada di Kabupaten Magelang Jawa Tengah merupakan bangunan candi Budha terbesar di Indonesia. Candi Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga dan diselesaikan pada masa pemerintahan raja Balaputradewa dari dinasty Syailendra ( Mataram Budha). Pembangunan candi Borobudur yang cukup lama dipimpin ( di arsitek i ) oleh Gunadharma. Candi Borobudur merupakan perwujudan akulturasi dari budaya India dan konsep berundak-undak masa Megalitikhum di Indonesia. Sehingga bangunan Candi Borobudur dibuat bertingkat yang menggambarkan perjalanan hidup mencari kesempurnaan.

1. Tingkat pertama disebut Khamadatu,  menggambarkan kondisi seseorang yang masih banyak dosa. Di tingkat pertama ini ( berada di pondasi) ada relief Karmawibangga  yang menguraikan tentang hukum karma.

2. Tingkat kedua disebut Rupadhatu, menggambarkan usaha manusia mencari kesempurnaan hidup. Tingkat ke- dua terbagi dalam beberapa lorong , dimana seseorang yang mencapai lorong diatasnya berarti sudah mendekati kesempurnaan hidup.

3. Tingkat ke-tiga disebut Arupadhatu, menggambarkan kehidupan seseorang yang telah mencapai kesempurnaan

About sugiono geger

History Teacher in SMA Negeri I Geger Madiun East Java

Silahkan Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s