Pada saat Senopati berkuasa banyak mendapat rintangan dari Bupati dipesisir utara jawa antara lain Demak, Pajang, Kudus, Gresik-Surabaya yang kekutannya dihimpun dari Kediri, Madiun dan Ponorogo yang berpusat di Pajang. Senopati menyerang para    pemberontak sampai wafat dan wilayahnya hanya tinggal Galuh (Jawa Barat) dan Pasuruan di Jatim.

Sepeninggal Senopati diganti putranya Mas Jolang, yang juga diwarnai pemberontakan diberbagai daerah dan dia wafat tahun 1613. Kemudian diganti putranya Mas Rangsang yang bergelar Sultan Agung Senopati Ing Aloga Ngabdurrachman Kolifatullah.

Rintangan yang dihadapinya antara lain :

1. Bupati yang tindak tunduk pada Mataram antara lain : Pati, Lasem,

Tuban,  Surabaya, Madura, Madiun, Bojonegoro dan Blora.

2. Kerajaan Cirebon dan Banten.

3. Kompeni Belanda di Batavia.

Semua pemberontak dapat ditaklukkan dan terakhir Surabaya tahun 1625, sehingga kekuasaannya hampir seluruh P.Jawa kecuali Banten, Cirebon, Batavia dan Blambangan.Dua kali menyerang Batavia dari Belanda yaitu tahun 1628 dan 1629 tetapi mengalami kegagalan. Kerajaan Mataram mengalami kejayaan pada waktu pemerintahan Sultan Agung Hanyakra Kusuma tahun 1613-1645.

Prestasi yang dicapai Sultan Agung antara lain :

1. Memperluas daerah kekuasaannya meliputi Madura, Palembang, Banjarmasin.

2. Mengatur dan mengawasi wilayah kekuasaan langsung dari kota Gede (pusatnya).

3. Melakukan kegiatan ekonomi agraris dan maritim.

4. Melakukan mobilisasi militer secara besar-besaran terhadap persenjataannya.

5. Mengubah perhitungan tahun Jawa Hindu (Saka) dengan tahun Islam (Hijrah) yang berdasarkan peredaran bulan   sejak tahun 1633.

6. menyusun karya sastra yang cukup terkenal yaitu Sastra Gending.

7. menyusun kitab UU yang merupakan perpaduan hukum Islam dengan adat istiadat Jawa yang disebut Surya Alam.

Penerus Sulta Agung tak ada yang cakap, sehingga mengalami kemunduran, apabila setelah pendudukan Belanda – VOC ikut campur dalam kerajaan. Setelah Perjanjian Giyanti 1755 Mataram dipecah menjadi dua yaitu : Kerajaan Surakarta dan Yogyakarta, dan melalui perjanjian Salatiga 1757 Surakarta terpecah lagi dengan munculnya kekuasaan Mangkunegara, sedangkan Yogyakarta juga terpecah lewat perjanjian dengan Inggris tahun 1813 dengan munculnya kekuasaan Paku Alam.

Kehidupan Ekonomi

Kerajaan Mataram merupakan kerajaan yang bercorak agraris. Pada masa pemerintahan Sultan Agung. Kehidupan perekonomian masyarakat berkembang denganpesat.

Kehidupan Sosial

Pada masa Siltan Agung dilakukan usaha-usaha untuk meningkatkan daerah-daerah persawahan dan memindahkan banyak petani ke daerah Kerawang. Atas dasar kehidupan agraris itulah disusun suatu masyarakat yang bersifat feodal. Para pejabat memperoleh imbalan berupa tanah garapan atau pajak tanah. Sistem kehidupan ini menjadi dasar munculnya tuan – tuan tanah di Jawa.

Kehidupan Budaya

Aspek kehidupan berkembang dengan pesat baik seni tari, seni pahat, seni suara dan seni sastra. Bentuk kebudayaan yang muncul adala kebudayaan Kejawen yang merupakan perpaduan antara kebudayaan Hindu, Budha dan Islam. Upacara Gerebeg

misalnya, bersumber pada pemujaan roh nenek moyang yang berupa kenduri Gununganyang merupakan tradisi sejak jaman majapahit dan waktu perayaannya pada hari besar Islam.

About sugiono geger

History Teacher in SMA Negeri I Geger Madiun East Java

2 responses »

  1. icha mengatakan:

    mw tny.apkh lokasi krjn mataram kuno sm dg lokaasi krjn mataram islam?

  2. Sugiono Geger mengatakan:

    trrim’s mbak Icha atas kunjungannya mengenai lokasi nddak sama mbak Icha, kalau mataram islam diperkirakan di kota gede jokjakarta sedang mataram hindu(kuno)diperkirakan di Prambanan , ya berdekatan tempatnya.

Silahkan Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s