Bulan Agustus oleh sebagian besar rakyat Indonesia dianggap sebagai bulan yang sakral, karena dibulan inilah 64 tahun yang lalu “ the founding fathers kita “ mendirikan negara yang diberi nama Indonesia yang diambil dari istilahnya James Richadson Logan untuk menyebut pulau-pulau di selatan benua Asia.

Pada bulan ini biasanya ada perayaan-perayaan untuk memperingati hari jadi negara kita ini di seantero Indonesia, tak terkecuali di SMAN I Geger. Bahkan selain ada peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, di SMA N I Geger juga ada kegiatan-kegiatan lain yang cukup padat. Diantaranya ada proses pemilihan ketua OSIS baru, yang dimulai dari rekruitmen calon ketua dan calon pengurus, dilanjutkan dengan pemilihan ketua Osis baru dengan proses pencoblosan , dilanjutkan dengan pelantikan pengurus baru oleh kepala sekolah dan diakhiri dengan pemberian LDK ( Latihan Dasar Kepemimpinan ) bagi kepengurusan OSIS yang baru terbentuk.

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 64 ini, SMA Negeri I Geger juga diminta mengirimkan tim Oubadenya pada upacara HUT kemerdekaan di alun-alun kota Madiun. Oleh sebab itu persiapan – persiapan dilakukan oleh pihak sekolah dengan mendatangkan pelatih dari luar yaitu Ibu Susana Jarwati dan bapak Paskalis sedangkan dari sekolah dikomandani oleh bapak Drs. Suryanto. Hasilnya tim oubade SMA Negeri I Geger yang berjumlah 175 orang mendapat aplaus dan pujian dari pejabat kabupaten dan pemerintah kota Madiun.

Pada tanggal 12 Agustus 2009 dalam rangka peringatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 64, SMA Negeri I Geger mengirimkan tim lomba paduan suara yang diadakan oleh Kodim Madiun yang diikuti oleh tim-tim dari kabupaten dan kota Madiun dan berhasil mendapatkan juara ke -3.

Pada tanggal 13 Agustus 2009 di SMA negeri I Geger , ada dua kegiatan besar yaitu akreditasi sekolah dan kegiatan karnaval yang diadakan oleh pihak kecamatan Geger. Kegiatan akreditasi sekolah diikuti oleh seluruh elemen sekolah , baik dari siswa, guru, tenaga administasi , pesuruh maupun elemen-elemen yang lain. Pada prinsipnya kegiatan akreditasi sekolah ini bertujuan untuk menilai seluruh apa saja yang ada di SMA negeri I Geger ini, oleh pihak yang berkompeten .. Sedangkan kegiatan karnaval yang diadakan oleh pihak kecamatan , diikuti oleh seluruh sekolah dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah lanjutan tingkat atas dan dari umum. Kegiatan karnaval ini dimulai dari garis star di lapangan SMA negeri I Geger dan finist di lapangan tangsi PG.Pagottan.

Pada upacara peringatan detik-detik proklamasi tanggal 17 agustus 2009, yang diadakan oleh pihak kecamatan Geger , SMA negeri I Geger dipercaya sebagai pasukan Paskibraka. Pada upacara ini pihak sekolah juga mengirim peserta dari pihak guru dan siswa baik pada upacara pagi hari dan sore hari disertai tim PMR wira untuk membantu mengobati peserta upacara yang sakit. Sedangkan untuk upacara yang diadakan di alun-alun kota Madiun, SMA negeri I geger mengirimkan tim oubade-nya disertai beberapa Pembina dan juga mengikutkan tim PMR nya.

Kemudian dalam rangka peringatan Isro’ Mi’roj nabi besar Muhammad SAW , dan peringatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke -64 di SMA negeri I Geger sendiri, pada tanggal 18 agustus 2009 juga diadakan berbagai macam lomba diantaranya lomba Adzan, lomba Qiro’ah , lomba kaligrafi, lomba tarik tambang, lomba Make Over, lomba tepuk air, lomba kelereng dan lomba Pembacaan teks proklamasi. Berbagai macam lomba ini diikuti oleh perwakilan siswa tiap-tiap kelas , sedangkan untuk bapak ibu guru dan wali kelas disediakan lomba memancing ikan di kolam SMA negeri I Geger.

Pada tanggal 19 agustus 2009 dalam rangka peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia dinas perpajakan kabupaten Madiun juga mengadakan lomba Tax Campaign Goes to school, pada lomba ini SMA negeri I Geger juga mengirimkan wakilnya dan berhasil menyabet juara ke-tiga dan juara favorit pilihan peserta.

Kemudian untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadlon 1430 H, di SMA Negeri I Geger pada tanggal 20 Agustus 2009 diadakan kegiatan Istigosah. Kegiatan ini diadakan di Masjid An Nur SMA Negeri I Geger dan diikuti oleh seluruh elemen sekolah mulai dari bapak Kepala sekolah , Bapak Ibu guru dan seluruh siswa yang beragama Islam. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan pondok romadlon pada tanggal 27,28, dan 29 agustus 2009.

About sugiono geger

History Teacher in SMA Negeri I Geger Madiun East Java

Silahkan Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s