Sebelumnya di Sulawesi Selatan banyak kerajaan Hindu antaralain : Gowa, Tallao, Bone, Wajo, Soppeng dan Luwu. Berkat adanya dakwah Datuk riBandang dan Sulaeman dari Minangkabau tahun 1605 Sultan Alaudin dari Gowa secara resmi masuk Islam dan diikuti oleh rakyatnya. Kerajaan Gowa dan Tallo akhirnya menguasaikerajaan lainnya. Dua kerajaan yaitu Gowa dan Tallo lazim disebutkerajaan Makassar dan dari sinilah agama Islam berrkembangsampai Kalimantan Timur, NTT dan NTB.Tahun 1639-1653 Kerajaan Gowa mencapai puncaknya,karena hampir wilayah Indonesia bagian timur merasakan pengaruh kerajaan Gowa yang diperintah Sultan Malikus Said.

 Raja berikutnya Sultan Hasanuddin (1654-1660) yang wilayahnya semakin luas dengan menguasai Bone dengan rajanya Aru Palakadiusir dari negerinya. Belanda mengetahui Bandar Makassar cukup ramai, maka dikirimkanlah utusan dagang ke Makassar. Antaranya keduanya sering terjadi konflik yang diawali insiden penipuan tahun 1616 yang saat itu para pembesar Makassar diundang untuk jamuan makan di kapal VOC, ternyata mereka dilucuti senjatanya, sehingga terjadilah perkelaian yang menimbulkan banyak korban dari pihak-pihak Makassar, dan sejakitu dia sangat benci pada Belanda. Dengan siasat Belanda membantuAru Palaka (Raja Bone) untuk mengalahkan Makassar.

About these ads

About sugiono geger

History Teacher in SMA Negeri I Geger Madiun East Java

2 responses »

  1. Ramdani mengatakan:

    maaf pak, sebelum masuknya Agama Islam di sulawesi selatan tidak ada kerjaan yang memeluk Hindu ataupun Budha, yang ada adalah kepercayaan kepada Penguasa Tunggul; seperti orang2 bugis yang memeluk agam ToLotang (Orang Selatan) dengan kitabnya yaitu naskah ” I LagaLigo” (yang merupakan karya sastra terpanjang di dunia, saya hanya bermaksud memberikan informasi tambahan Pak, terima kasih

  2. sugiono geger mengatakan:

    Trim’s mas Ramdani atas kunjungan dan masukannya mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita semua amin

Silahkan Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s